Tradisi Malam Tirakatan Hari Jadi Kalurahan Pringombo

Wardy 06 Desember 2023 01:36:03 WIB

Pemerintah Kalurahan Pringombo mengadakan kegiatan malam tirakatan untuk memperingatai Hari Ulang Tahun Kalurahan Pringombo ke-112 pada hari Selasa tanggal 5 Desember 2023 pada pukul 19.00 WIB. Sebelum acara genduri dimulai diawali atau diselingi dengan kleningan gending-gending jawi oleh kelompok kesenian Kalurahan Pringombo. Acara malam tirakatan ini dilaksanakan di Pendopo Balai Kalurahan Pringombo Kapanewon Rongkop Kabupaten Gunungkidul dihadiri oleh Lurah Pringombo, Pamong Kalurahan Pringombo, Bamuskal, PKK, RT RW, Tokoh masyarakat dan warga sekitar Balai Kalurahan Pringombo.

     Panitia Hari Ulang Tahun Kalurahan Pringombo “Sutrisna” juga selaku Jagabaya, menyampaikan bahwa sebelumnya sudah melaksanakan gelar budaya yang dilaksanakan sebulan yang lalu di lapangan pakel.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama di Kalurahan Pringombo yang nantinya akan dijadikan agenda rutin tahunan untuk dilaksanakan, kegiatan tirakatan ini dimaksudkan untuk memanjatkan doa dan juga menanamkan sifat nasionalisme kepada seluruh warga khususnya warga kalurahan pringombo”. Imbuhnya.

“Ermina Kristiani Susanti” Lurah Pringombo, selain acara malam tirakatan dan genduri malam ini esuk harinya akan dilaksanakan Ziarah 5 makam para Lurah terdahulu. ‘Yang akan dimulai pukul 09.00 WIB. “tambahnya.

     Sebagai puncak malam tirakatan malam ini adalah Kenduri Adeging Kalurahan Pringombo, dan dengan doa Bersama yang dipimpin oleh Wartono. Acara Kenduri dilaksanakan pukul 23.00 WIB dan dihadiri oleh Panewu Rongkop, Poksek Rongkop, Koramil Rongkop, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kalurahan Pringombo.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung